Efektivitas model pembelajaran hands on mathematics dengan pemanfaatan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok luas segi empat peserta didik kelas VII MTs Negeri 01 Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Berdasarkan penuturan salah satu guru matematika di MTs Negeri 01 Semarang, menyatakan bahwa selama ini pembelajaran matematika pada materi luas segi empat, guru langsung menginformasikan rumus luas segi empat yang akan diajarkan. Peserta didik jarang sekali, bahkan tidak pernah diajak untuk mencari dan menemukan sendiri rumus dari luas segi empat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran hands on mathematics dengan pemanfaatan LKPD efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok luas segi empat pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Negeri 01 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah peserta didik 307, dengan kelas VII F yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan bersama matematika kelas VII semester gasal. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran hands on mathematics dengan pemanfaatan LKPD dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda diperoleh, maka dilakukan analisis prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,207, sedangkan ttabel =2,00. Karena thitung > t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran hands on mathematics dengan pemanfaatan LKPD lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen =77,0286 dan kelompok kontrol =67,7188, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran hands on mathematics dengan pemanfaatan LKPD efektif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik pada materi pokok luas segi empat kelas VII semester genap MTs Negeri 01 Semarang Pelajaran 2010/2011