Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011
ctrlnum |
2328 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/</relation><title>Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Dewi, Dewi</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak. 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran</description><date>2011-07-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/1/73511012_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/2/73511012_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/3/73511012_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/4/73511012_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/5/73511012_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/6/73511012_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/7/73511012_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Dewi, Dewi (2011) Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2328</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dewi, Dewi |
title |
Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
371 School management special education 512 Algebra and number theory |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/1/73511012_coverdll.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/2/73511012_bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/3/73511012_bab2.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/4/73511012_bab3.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/5/73511012_bab4.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/6/73511012_bab5.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/7/73511012_bibliografi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran |
id |
IOS2754.2328 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2016-11-12T03:47:56Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:33:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821478850265088 |
score |
17.538404 |