ctrlnum 2328
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/</relation><title>Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Dewi, Dewi</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak. &#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga.&#xD; &#xD; Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran</description><date>2011-07-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/1/73511012_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/2/73511012_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/3/73511012_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/4/73511012_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/5/73511012_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/6/73511012_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/7/73511012_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Dewi, Dewi (2011) Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2328</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi, Dewi
title Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic 371 School management
special education
512 Algebra and number theory
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/1/73511012_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/2/73511012_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/3/73511012_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/4/73511012_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/5/73511012_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/6/73511012_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/7/73511012_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran
id IOS2754.2328
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:56Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:06Z
recordtype dc
_version_ 1765821478850265088
score 17.538404