Penerapan model pembelajaran active learning tipe question student have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok logika matematika kelas X A MA Tajul Ulum Brabo Grobogan tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas X-A MA TAJUL ULUM BRABO yaitu rendahnya nilai rata-rata peserta didik pada materi logika matematika dikarenakan sulitnya peserta didik dalam membedakan antara kalimat terbuka dan kalimat tertutup dan keabstrakan peserta terhadap simbol-simbol yang terdapat dalam materi logika matematika. Selain itu berdasarkan pengamatan juga diperoleh fakta bahwa rendahnya nilai belajar peserta didik dikarenakan kurangnya aktifitas peserta didik pada pelajaran matematika, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, peserta didik yang tidak memahami tersebut tidak mau bertanya. Diharapkan pembelajaran melalui model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) akan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) di kelas X A MA TAJUL ULUM Brabo pada materi pokok Logika Matematika tahun pelajaran 2010/2011. 2)Penerapan model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X A MA TAJUL ULUM Brabo pada materi pokok Logika Matematika tahun pelajaran 2010/2011 Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas X-A MA TAJUL ULUM BRABO tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 33 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 4 metode yaitu (1) Dokumentasi, (2) Wawancara, (3) Tes, dan (4) Observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-A MA TAJUL ULUM Brabo dari nilai rata-rata Pra siklus 50.60 dengan ketuntasan klasikal 15.15% menjadi 60,73 dengan ketuntasan klasikal 66,67% pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 71,48 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 87,10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran active learning tipe QSH dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-A MA Tajul Ulum Brabo khususnya pada materi Logika Matematika