Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran peserta didik kelas VIII MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran di MTs. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang selama ini diterapkan cenderung ekspositori dan juga belum divariasi dengan metode yang lain, pelaksanaan pembelajaran yang cenderung kurang melibatkan peserta didik (teacher centered learning) dan peserta didik hanya mencatat materi pelajaran yang diberikan guru, dan perhatian peserta didik terhadap materi pelajaran matematika belum terfokuskan dikarenakan kondisi pembelajaran yang monoton dan searah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran peserta didik kelas VIII MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui eksperimen yang dilakukan di MTs NU Nurul Huda Semarang. MTs tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses. Data diperoleh dari dokumentasi madrasah dan tes setelah dilakukan pembelajaran. Adapun jenis eksperimen dalam penelitian ini adalah “ posttest-only control design”. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 192 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelompok eksperimen adalah 72,87 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas kontrol adalah 60,02. Pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses memiliki pengaruh yang tinggi atau besar terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan harga korelasi biserial (rb) 0,73 dengan harga KD sebesar 53,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sehingga disarankan kepada guru agar menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran matematika