Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak melalui metode information search pada siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Banyaknya siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa secara aktif oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak melalui metode information search pada siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan empat komponen yakni: Planning (rencana), Action (tindakan), Observation (pengamatan), Reflection (refleksi). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode information search dalam pembelajaran Aqidah Akhlak mampu meningkatkan aktivitas belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IX MTs Ma’arif NU I Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 70% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori baik sekali. Disamping itu, prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode information search. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 79,41%, dan pada siklus II sebesar 94,12%.Berdasarkan hasil penelitian ini maka pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar Físika pada Materi Pokok Cahaya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gubug semester II tahun pelajaran 2007/2008. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi guru untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik