Daftar Isi:
  • Tujuan pelaksanaan pembelajaran dengan metode index card match adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus aktif mendorong anak didik berpikir kritis dan memunculkan berbagai macam pertanyaan yang kreatif sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep berpikir pada anak didik tentang materi yang dipelajari, menggalang kerja sama dan kekompakan anak didik dalam kelompok berpasangan, serta dapat mengembangkan kepemimpinan anak didik dan mengembangkan kemampuan pola matematikanya dan dapat membantu anak didik mengembangkan proses nalarnya. Penelitian ini selanjutnya akan membahas dan mengevaluasi kemampuan baca tulis Al Qur’an anak didik di RA Muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak melalui pembelajaran dengan menggunakan metode index card match yang dilaksanakan dengan analisis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an melalui metode index card match di RA muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research). Jumlah subjek dalam penelitian adalah 22 anak kelompok B di RA muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif konsep penelitian tindakan kelas (action research). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an melalui metode index card match di RA muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak telah dilakukan dengan baik. Upaya dilakukan dengan menggunakan metode index card match ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak baca tulis Al Qur’an berupa baca tulis surat Al Fatihah. Adapun ketuntasan belajar anak baca tulis Al Qur’an berupa baca tulis surat Al Fatihah melalui metode index card match di RA muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak dapat digambarkan yaitu pada pra siklus sebesar 18,18 %, siklus 1 sebesar 40,90 %, siklus 2 sebesar 72,72 %, dan pada siklus III sebesar 95,45 %. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang