Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa jauh perbedaan yang positif pada motivasi belajar SKI materi Fathu Makkah siswa kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010 sebelum dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe. Penelitian ini menggunanakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subyek penelitian ini sebanyak 20 responden, menggunakan teknik sampel quota dari siswa MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data motivasi belajar SKI sesudah (X1) dan sebelum ( X2) menerapkan metode Edutainment Belanbe. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t (t-test), dari tabel t untuk uji dua sisi pada distribusi student (t) dengan df 38 diperoleh 2,02 dan perhitungan t dari rerata kedua nilai diperoleh 5,025 . Hal ini menunjukkan bahwa t > t tabel yaitu 5.025 > 2,02, jadi signifikan ada perbedaan pada motivasi belajar SKI sebelum dengan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe. Hal ini dapat juga dapat dilihat dari : 1) Peserta didik yang memiliki motivasi sedang sebelum diterapkannya metode Edutainment Belanbe sebanyak 5 siswa dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe ada sebanyak 13 siswa. 2). Peserta didik yang memiliki motivasi rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 9 siswa dan yang memiliki motivasi rendah sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 7 siswa. 3). Yang memiliki motivasi sangat rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 6 siswa, dan sesudah diterapkan metode tersebut tidak ada lagi yang memiliki motivasi rendah