Daftar Isi:
  • Masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) sejauh mana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 3) Bagaimana keaktifan belajar sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011 Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, 3) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011. Penelitian ini action yang sesuai dengan langkah-langkahpembelajaran yang termuat dalamsetiap RPP melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi, data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan rumus prosentase Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 2) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning sudah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terbukti pada pra siklus tingkat ketuntasan ada 13 siswa atau 40,6% naik menjadi 19 siswa atau 59,4% pada siklus I pada siklus II naik lagi menjadi 21 siswa atau 68,8% dan terakhir pada siklus III menjadi 28 siswa atau 87,5%. 3) Keaktifan belajar siswa sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terjadi perubahan dimana pada siklus I ada 14 siswa atau 43,7% naik menjadi 20 siswa atau 62,5% dan terkhir pada siklus III menjadi 27 siswa atau 84,4%. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan