Pengaruh pola pendidikan agama orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Ampel Boyolali tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi pola pendidikan dan untuk mengetahui pengaruh pola pendidikan terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Ampel, Boyolali yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 58 siswa, sedangkan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Ampel yang jumlahnya kurang dari 100 dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpose sample yaitu mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah tetapi didasarkan pada pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data dengan menggunakan yang pertama etode angket, metode dokumentasi, metode interview. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis prosentase yaitu dengan rumus : P = F/N x 100%. Hasil analisis data diperoleh bahwa antara pola pendidikan dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Ampel, Boyolali pada taraf baik adalah 13,8% pada taraf cukup 58,6% dan pada taraf kurang adalah 27,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan pola pendidikan dengan akhlak anak pada taraf cukup terbukti dari 58 responden yang berada pada taraf cukup sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh pola pendidikan agama orangtua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Ampel tahun pelajaran 2010/2011.”Diterima”.