Implementasi model pembelajaran everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 Al-ITQON Kebonharjo kec. Patebon kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (setiap murid sebagai guru) dalam pembelajaran tajwid materi pokok hukum mim sukun. (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon Kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan kegiatan yaitu: (1) Perencanaan (planneng), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon Kab. Kendal dalam materi materi pokok hukum mim sukun dengan fokus penerapan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Sebagai indikator meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam materi pokok hukum mim sukun adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik yang tuntas belajarnya dari KKM yang ditetapkan 6,00, 85% dari jumlah peserta yang tuntas memperoleh nilai lebih besar atau sama 7. Data yang didapatkan adalah data kuantitatif dari hasil tes peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun, terbukti dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik saat menjawab soal tes pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi siswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang terkait dengan pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA).