Peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui metode Qira’ati pada peserta didik kelas I MI Yaumi Ringinharjo kec. Gubug kab. Grobogan tahun ajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana Penggunaan metode Qira’ati di kelas I MI Yaumi Ringinharjo, kec.Gubug, kab.Grobogan ( 2 ) bagaimana peningkatan kelancaran membaca al-Qur’an Peserta didik MI Yaumi Ringinharjo kec.Gubug kab. Grobogan melalui penerapan metode Qira’ati. Peneliti ini menggunakan studi tindakan ( action research ) pada siswa kelas I MI Yaumi Ringinharjo, kec.Gubug, kab. Grobogan. Dari hasil observasi secara langsung di kelas I MI Yaumi Ringinharjo, kec. Gubug, kab Grobogan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran al-qur’an tujuan dan kurikulum pembelajarannya disesuaikan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan. metode Qira’ati adalah suatu metode dalam belajar membaca al-Qur’an langsung tidak mengeja memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan ilmu tajwidnya. Pembelajaran membaca dan menghafal al-Qur’an dapat dilakukan sejak kecil, karena itu dapat memberikan kemampuan dasar kepada anak. Peran orang tua sangat penting menanamkan kecintaan pada al-Qur’an yang suci mulai masa kecil, hal ini akan menjadi modal yang besar pada masa dewasanya kelak dan memjadikan generasi Qur’ani. Setelah dilaksanakan tindakan melalui penerapan metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca al-Qur’an khususnya di kelas I MI Yaumi sangat membantu peserta didik dan bagi siapapun yang mau mempelajari baca tulis al-qur’an diharapkan peserta didik dapat membaca al-Qur’an dengan lancar, benar dan fasih, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap prasikuls, siklus I, dan siklus II. Pada tahapan prasiklus rata-rata sebesar 64,75 dan prosentase siswa adalah 60 %. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,5 dan nilai prosentase siswa sebesar 75%. Sedang pada siklus II setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 80,25 dan nilai prosentase menjadi 85% . Dari tiga tahapan tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Qira’ati dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Qira’ati. Hasil penelitian tersebut diharpkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak ( siswa , guru dan orang tua ) untuk dapat meningkatkan hasi, belajar siswa pada mata pelajaran al-Quarn Hadis.