Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an siswa melalui media VCD pada siswa kelas II MI YAUMI Ringinharjo Gubug. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam 3 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan adalah Analisis Qualitatif Deskriptif , yang tujuanya untuk mendeskripsikan hasil analisa belajar. Hitungan statistik digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media VCD Al Qur’an,kemampuan membaca Al Qur’an siswa kelas II MI YAUMI pada Tahun pelajaran 2010/2011 dapat meningkat. Keberhasilan dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai siswa dan respon yang positif dari siswa. Setelah menggunakan media VCD dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa rata-rata nilai siswa meningkat dari setiap siklus yang telah dilakukan. Pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 60,2, pada siklus kedua rata-rata nilai siswa adalah 68,9, dan pada siklus ketiga rata-rata nilai siswa adalah 73,3. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih baik lagi.