Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur`an, 2) penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al- Qur`an di MI Al-Falah Beran Ngawi Dalam penelitian ini menggunakan metode riset lapangan dengan tehnik analisis non statistik (analisis deskriptif) dengan pendekatan induktif yang pada akhirnya dihasilkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur`an MI Al-Falah ternyata tidak jauh berbeda penerapanya dengan metode Tilawati yang ada dalam panduan teorinya, metode ini digagas oleh Hasan Sadzili dkk Metode Tilawati dalam pengajaran Al-Qur`an yaitu suatu konsep belajar yang menggunakn pendekatan klasikal dan individual dan bercirikan lagu rost. Sehingga lagu tersebut sangat baik diterapkan dalam membaca Al-Qur`an Pada Anak, karena selain mudah di pelajari lagu tersebut menghasilkan bacaan yang baik, yaitu hasil baca anak terdengar semangat Dalam metode ini aplikasi pembelajarannya menggunakan Formasi belajar U. dan menggunakan dua pendekatan klasikal dan individual, yaitu klasikal terdiri dari 3 tehnik(1. Tehnik 1(guru membaca murid mendengarkan). 2. Tehnik 2(Guru membaca, murid menirukan), 3. Tehnik 3(membaca bersama-sama)). Dan pendekatan individual dengan tehnik baca simak. Upaya pengenalan Al-Qur`an sejak dini, adalah sebuah keniscayaan dan diperlukan peranan orang tua. Pendidikan anak tentang baca tulis Al-Qur`an sangatlah penting mendukung perkembangan anak sebagai upaya memberantas buta huruf Al-Qur`an dan memasyarakatkan Al-Qur`an di tengah-tengah umat. Oleh karena itu, penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur`an (khususnya di MI Al-Falah) adalah sebagai upaya untuk membantu orang tua dalam mengajarkan anak dalam membaca Al-Qur`an hingga dapat khatam dalam membaca Al-Qur`an. Dengan adanya kemamapuan membaca Al-Qur`an pada anak didik akan menumbuhkan akhlak yang terpuji, karena dalam Al-Qur`an banyak mempelajari tentang Akhlak kepada sesame Makhluk Dengan demikian metode Tilawati di MI Al-Falah Beran Ngawi dipandang sebagai salah satu metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dipercaya sebagai metode membaca Al-Qur`an yang dapat mengatasi masalah anak dalam membaca Al-Qur`an dengan baik. Masalah tersebut berupa minat dan hasil bacaan anak yang tidak tartil, dan juga tidak khatamnya anak membaca Al-Qur`an. Maka dalam pelaksanaannya sangat mengacu pada konsep yang telah ada. Membaca Al-Qur`an dipandang sebagai suatu pendidikan dasar pada anak yang sangat penting, maka sistem pembelajaran membaca Al-Qur`an harus dirancang sebaik mungkin mulai dari penetapan tujuan, metode, materi, sampai evaluasi) agar tujuan yang sudah ditetapkan benar-benar dapat dicapai