Korelasi antara kebiasaan membaca al-Qur’an dan akhlak siswa kelas VII MTs Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara tahun 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kebiasaan membaca Al-Qur’an siswa (X). 2) Akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari (Y). 3) Sejauh mana korelasi antara kebiasaan membaca Al-Qur’an (X) dan akhlak siswa (Y) Kelas VII MTs. Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara Tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu gejala atau fenomena yang sistematis. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara Tahun 2010/2011 yang berjumlah 111 siswa. Dan penelitian ini mengambil sampel 25% dari populasi yaitu 30 siswa yang diambil secara acak. Oleh karena itu penelitian ini merupakan penelitian sampel. Untuk memperoleh data tentang kebiasaan Membaca Al-Qur’an dan Akhlak Siswa Kelas VII MTs. Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara Tahun 2010/2011 peneliti menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product momen. Dari penelitian ini dihasilkan koefisien korelasi : 0,482 > 5% diperoleh: 0,361 dan 1% diperoleh: 0,463. Dengan hal ini bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan Membaca Al-Qur’an dan Akhlak Siswa Kelas VII MTs. Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara Tahun 2010/2011. Berdasarkan analisis data yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara > , maka penulis menyimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan Membaca Al-Qur’an dan Akhlak Siswa Kelas VII MTs. Hasan Kafawi Pancur Mayong Jepara Tahun 2010/2011. Jadi hipotesis dapat diterima.