Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan media internet dan untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan media internet dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar bologi materi ekosistem kelas X di MAN Semarang 1 tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang dilaksanakan di MAN Semarang 1. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, artinya sampel diambil secara acak. Pengumpulan data digunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nama-nama siswa serta mengetahui berapa jumlah siswa MAN Semarang 1 kemudian dari populasi diambil sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 25 butir soal yang telah diujicobakan. Hasil belajar yang digunakan adalah hasil belajar kognitif. Sebelum kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh perlakuan, kedua kelas tersebut diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua varians. Data yang digunakan adalah hasil ulangan pretest. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran yang memanfaatkan media internet. Kedua kelas diberikan tes akhir (postest) untuk mengetahui hasil belajar setelah memperoleh perlakuan. Setelah data penelitian terkumpul, data dianalisis dengan analisis statitistik deskriptif. Hipotesis dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan uji t, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 2,106 sedangkan t tabel dengan dk 74 diperoleh t tabel = 1.67. karena t hitung > t tabel, berarti rata-rata hasil belajar belajar siswa yang memanfaatkan media internet lebih baik dari pada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media internet efektif digunakan dalam proses belajar biologi materi ekosistem kelas X MAN Semarang 1.