Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi pembelajaran di MAN Kendal pengenalan belajar mengajar masih terbilang konvensional sehingga peserta didik kurang begitu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan media charta dengan strategi pembelajaran peta konsep dengan harapan pembelajaran lebih menarik dan bisa memahamkan peserta didik sehingga dapat tercapai hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar kognitif biologi siswa melalui media charta dan melalui strategi pembelajaran peta konsep pada materi pokok sistem reproduksi manusia di MAN Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen murni (true experimental).. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Kendal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Kelompok eksperimen 1 dengan menggunakan media charta dan kelompok eksperimen 2 dengan strategi pembelajaran peta konsep Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok eksperimen diberi post test yang sama. Post test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar kognitif biologi siswa melalui media charta dan melalui strategi pembelajaran peta konsep . Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Rata-rata nilai post tes kelompok eksperimen 1 charta adalah 79,18 dan kelompok eksperimen 2 peta konsep adalah 73,15. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan, diperoleh thitung = 2,356 dan ttabel = 1,66 karena thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen 1 lebih dari atau tidak sama dengan kelompok eksperimen 2, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif melalui media charta dan melalui strategi pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia di MAN Kendal.