Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora
ctrlnum |
2184 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/</relation><title>Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora</title><creator>Achmadi, M. Nur</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>541 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 2) Pengaruh minat belajar kimia siswa (X2) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 3) Seberapa besar persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) dan minat belajar kimia siswa (X2) secara bersama – sama mempengaruhi prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa (Y) kelas X di MAN 1 Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stratayang aada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitain ini diambil 20% - 25% dari jumlah populasi yaitu 247 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X1 dan X2 sedangkan untuk data Y menggunakan tes soal. Instrumen angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,787 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa 28,4% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (2) ada pengaruh positif antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,088. Hal ini menunjukkan bahwa 8,8% variasi skor hasil minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (3) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi ganda . Hal ini menunjukkan bahwa 62,3% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom melalui fungsi taksiran . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika</description><date>2011-06-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/1/63711019_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/2/63711019_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/3/63711019_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/4/63711019_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/5/63711019_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/6/63711019_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/7/63711019_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Achmadi, M. Nur (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2184</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Achmadi, M. Nur |
title |
Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora |
publishDate |
2011 |
topic |
371 School management special education 541 Physical and theoretical chemistry |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/1/63711019_Coverdll.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/2/63711019_Bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/3/63711019_Bab2.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/4/63711019_Bab3.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/5/63711019_Bab4.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/6/63711019_Bab5.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/7/63711019_Bibliografi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 2) Pengaruh minat belajar kimia siswa (X2) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 3) Seberapa besar persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) dan minat belajar kimia siswa (X2) secara bersama – sama mempengaruhi prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa (Y) kelas X di MAN 1 Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stratayang aada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitain ini diambil 20% - 25% dari jumlah populasi yaitu 247 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X1 dan X2 sedangkan untuk data Y menggunakan tes soal. Instrumen angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,787 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa 28,4% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (2) ada pengaruh positif antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,088. Hal ini menunjukkan bahwa 8,8% variasi skor hasil minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (3) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi ganda . Hal ini menunjukkan bahwa 62,3% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom melalui fungsi taksiran . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika |
id |
IOS2754.2184 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2016-11-12T03:47:52Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:33:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821478017695744 |
score |
17.538404 |