ctrlnum 2184
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/</relation><title>Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora</title><creator>Achmadi, M. Nur</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>541 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 2) Pengaruh minat belajar kimia siswa (X2) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 3) Seberapa besar persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) dan minat belajar kimia siswa (X2) secara bersama &#x2013; sama mempengaruhi prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa (Y) kelas X di MAN 1 Blora.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stratayang aada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitain ini diambil 20% - 25% dari jumlah populasi yaitu 247 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X1 dan X2 sedangkan untuk data Y menggunakan tes soal. Instrumen angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas.&#xD; Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,787 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa 28,4% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (2) ada pengaruh positif antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,088. Hal ini menunjukkan bahwa 8,8% variasi skor hasil minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (3) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi ganda . Hal ini menunjukkan bahwa 62,3% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom melalui fungsi taksiran . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika</description><date>2011-06-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/1/63711019_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/2/63711019_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/3/63711019_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/4/63711019_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/5/63711019_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/6/63711019_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/7/63711019_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Achmadi, M. Nur (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2184</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Achmadi, M. Nur
title Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora
publishDate 2011
topic 371 School management
special education
541 Physical and theoretical chemistry
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/1/63711019_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/2/63711019_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/3/63711019_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/4/63711019_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/5/63711019_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/6/63711019_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/7/63711019_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 2) Pengaruh minat belajar kimia siswa (X2) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 3) Seberapa besar persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) dan minat belajar kimia siswa (X2) secara bersama – sama mempengaruhi prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa (Y) kelas X di MAN 1 Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stratayang aada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitain ini diambil 20% - 25% dari jumlah populasi yaitu 247 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X1 dan X2 sedangkan untuk data Y menggunakan tes soal. Instrumen angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas. Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,787 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa 28,4% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (2) ada pengaruh positif antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,088. Hal ini menunjukkan bahwa 8,8% variasi skor hasil minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (3) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi ganda . Hal ini menunjukkan bahwa 62,3% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom melalui fungsi taksiran . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika
id IOS2754.2184
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:52Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:04Z
recordtype dc
_version_ 1765821478017695744
score 17.538404