ctrlnum 2170
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/</relation><title>Fa&#x2018;&#x101;liyyah majm&#x16B;&#x2018;ah al-ta&#x1E25;q&#x12B;q (group investigation) f&#x12B; Inj&#x101;z tarjamah al-lugah al-&#x2018;Arabiyyah il&#x101; al-lugah al-Ind&#x16B;n&#x12B;siyyah f&#x12B; al-&#x1E63;aff al-&#x1E61;&#x101;min bi madrasah al-&#x1E61;&#x101;nawiyyah al-Isl&#x101;miyyah al-&#x1E25;uk&#x16B;miyyah Nguntoronadi Wonogiri</title><creator>Ramdhani, Danangsasi</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>492.7 Arabic</subject><description>Masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:&#xD; 1. Seberapa besarkah pengaruh Group Investigation pada materi &#x201C;al-Mihnah&#x201D; (Profesi) terhadap terjemah bahasa Arab untuk kelas 8 MTsN Nguntoronadi?&#xD; 2. Seberapa efektifkah Group Investigation terhadap hasil tarjamah bahasa Arab pada materi &#x201C;al-Mihnah&#x201D; (Profesi) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk kelas 8 MTsn Nguntoronadi?&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental, oleh karenanya peneliti menggunakan metode observasi dan tes untuk mengumpulkan data. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh murid kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi, Wonogiri. Sedangkan sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi &#x201C;al-Mihnah&#x201D; (Profesi) dengan menggunakan metode Group Investigation dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi &#x201C;al-Mihnah&#x201D; (Profesi) dengan menggunakan metode ceramah. Try-out diberikan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran dan daya beda soal. Kemudian pre-tes dan pos-tes diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol (VIII B dan VIII A), sedangkan untuk menganalisa data diguanakan T-tes.&#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan data pre-test kelas eskperiment diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar menggunakan Group Investigation yaitu 98 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 53 menunjukkan kemampuan kurang. Sedangkan data pre-test kelas kontrol diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut yaitu 90 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 50 menunjukkan kemampuan kurang. Kemudian nilai MEAN bagi siswa yang menggunakan Group Investigation (kelas eksperiment) VIII B = 74,79 sedangkan bagi siswa yang belajar tanpa menggunakannya, atau menggunakan metode ceramah (kelas kontrol) VIII A = 69,70. Dari hasil ini, berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dari hasil peneltian yang telah terlaksana diketahui bahwa siswa yang belajar terjemah bahasa tentang materi &#x201C;al-Mihnah&#x201D; (Profesi) dengan menggunakan Group Investigation lebih efektif daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut.&#xD; Berdasarkan hal diatas peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan Group Investigation terhadap terjemah bahasa untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi lebih efektif daripada tidak menggunakannya dalam hal peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil t-tes yaitu ttabel &lt; thitung = 1,67 &lt; 1,726. Ha diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen 74,79 sedangkan kelas control 69,70.</description><date>2011-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/1/063211006_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/2/063211006_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/3/063211006_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/4/063211006_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/5/063211006_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/6/063211006_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/7/063211006_Bibliografi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/8/063211006_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Ramdhani, Danangsasi (2011) Fa&#x2018;&#x101;liyyah majm&#x16B;&#x2018;ah al-ta&#x1E25;q&#x12B;q (group investigation) f&#x12B; Inj&#x101;z tarjamah al-lugah al-&#x2018;Arabiyyah il&#x101; al-lugah al-Ind&#x16B;n&#x12B;siyyah f&#x12B; al-&#x1E63;aff al-&#x1E61;&#x101;min bi madrasah al-&#x1E61;&#x101;nawiyyah al-Isl&#x101;miyyah al-&#x1E25;uk&#x16B;miyyah Nguntoronadi Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2170</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramdhani, Danangsasi
title Fa‘āliyyah majmū‘ah al-taḥqīq (group investigation) fī Injāz tarjamah al-lugah al-‘Arabiyyah ilā al-lugah al-Indūnīsiyyah fī al-ṣaff al-ṡāmin bi madrasah al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah al-ḥukūmiyyah Nguntoronadi Wonogiri
publishDate 2011
topic 371 School management
special education
492.7 Arabic
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/1/063211006_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/2/063211006_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/3/063211006_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/4/063211006_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/5/063211006_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/6/063211006_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/7/063211006_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/8/063211006_Lampiran.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170/
contents Masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa besarkah pengaruh Group Investigation pada materi “al-Mihnah” (Profesi) terhadap terjemah bahasa Arab untuk kelas 8 MTsN Nguntoronadi? 2. Seberapa efektifkah Group Investigation terhadap hasil tarjamah bahasa Arab pada materi “al-Mihnah” (Profesi) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk kelas 8 MTsn Nguntoronadi? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental, oleh karenanya peneliti menggunakan metode observasi dan tes untuk mengumpulkan data. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh murid kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi, Wonogiri. Sedangkan sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan metode Group Investigation dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan metode ceramah. Try-out diberikan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran dan daya beda soal. Kemudian pre-tes dan pos-tes diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol (VIII B dan VIII A), sedangkan untuk menganalisa data diguanakan T-tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data pre-test kelas eskperiment diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar menggunakan Group Investigation yaitu 98 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 53 menunjukkan kemampuan kurang. Sedangkan data pre-test kelas kontrol diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut yaitu 90 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 50 menunjukkan kemampuan kurang. Kemudian nilai MEAN bagi siswa yang menggunakan Group Investigation (kelas eksperiment) VIII B = 74,79 sedangkan bagi siswa yang belajar tanpa menggunakannya, atau menggunakan metode ceramah (kelas kontrol) VIII A = 69,70. Dari hasil ini, berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dari hasil peneltian yang telah terlaksana diketahui bahwa siswa yang belajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan Group Investigation lebih efektif daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut. Berdasarkan hal diatas peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan Group Investigation terhadap terjemah bahasa untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi lebih efektif daripada tidak menggunakannya dalam hal peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil t-tes yaitu ttabel < thitung = 1,67 < 1,726. Ha diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen 74,79 sedangkan kelas control 69,70.
id IOS2754.2170
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:52Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:04Z
recordtype dc
_version_ 1765821477945344000
score 17.538404