Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Kreativitas Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan; Studi Guru PAUD Se Kecamatan Tugu Kota Semarang. Untuk menjawab permasalahan: 1) Metode apasajakah yang digunakan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan? 2) Bagaimanakah kreativitas guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam menggunakan metode pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan observasi, interview, dokumentasi untuk menjelaskan fenomena atau situasi tertentu secara aslinya. Mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian yang dikaji, kemudian diolah dan dianalisis. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Semarang pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan yaitu Metode Pembiasaan, Metode Keteladanan, Metode Kisah, Metode Karya wisata dan Metode Demonstrasi. (2) Kreativitas guru PAUD se Kecamatan Tugu Semarang dalam menggunakan metode pembelajaran pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan sudah cukup baik. Hal ini terbukti dengan beberapa bentuk kreativitas yang dilakukan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dengan menciptakan berbagai inovasi pembelajaran yang mengarah kepada pembelajaran yang efektif dan menyenangkan anak didik. Sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia, khususnya umat muslim sebagai Kholifatullah fi ardh untuk menjadi generasi yang cerdas, terampil dan berakhlakul karimah. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan Informasi Bagi para mahasiswa. Para tenaga edukatif, para peneliti dan stakeholder di lingkungan PAUD dan semua pihak.