ctrlnum 2135
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/</relation><title>Studi komparasi tentang kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif di TPQ NU 13 Al-Ma&#x2019;arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul khoirot Saribaru Keliwungu Kendal</title><creator>Suryani, Siti</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan Metode al-Ma&#x2019;arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif di TPQ NU 13 al-Ma&#x2019;arif Kembangan Kaliwungu? (2) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu? (3) Adakah Perbedaan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif di TPQ NU 13 al-Ma&#x2019;arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu?. &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Sampel penelitian sebanyak 47 responden yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama siswa yang belajar dengan metode al-Ma&#x2019;arif sebanyak 22 dan siswa yang menggunakan metode Qiroati sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an antara yang menggunakan metode al-ma&#x2019;arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati, sedangkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya.&#xD; Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif termasuk dalam kualifikasi &#x201C;Baik&#x201D;. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 75,5455. (2) Kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode Qiroati termasuk dalam kualifikasi &#x201C;Cukup&#x201D;. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 71,04. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh hasil to (t observasi) adalah 2,839. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,67 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,39. Ini berarti nilai t observasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif di TPQ Al-Ma&#x2019;arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru kaliwungu.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua, guru dan siswa agar selalu memperhatikan aktivitas belajar al-Qur'an kesehariannya sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an.</description><date>2011-06-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/1/63111120-Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/2/63111120-Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/3/63111120-Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/4/63111120-Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/5/63111120-Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/6/63111120-Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/7/63111120-Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Suryani, Siti (2011) Studi komparasi tentang kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa yang menggunakan metode al-Ma&#x2019;arif di TPQ NU 13 Al-Ma&#x2019;arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul khoirot Saribaru Keliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2135</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suryani, Siti
title Studi komparasi tentang kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 Al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul khoirot Saribaru Keliwungu Kendal
publishDate 2011
topic 297.1224 Recitation and Reading
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/1/63111120-Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/2/63111120-Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/3/63111120-Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/4/63111120-Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/5/63111120-Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/6/63111120-Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/7/63111120-Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135/
contents Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan Metode al-Ma’arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu? (2) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu? (3) Adakah Perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Sampel penelitian sebanyak 47 responden yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama siswa yang belajar dengan metode al-Ma’arif sebanyak 22 dan siswa yang menggunakan metode Qiroati sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an antara yang menggunakan metode al-ma’arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati, sedangkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif termasuk dalam kualifikasi “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 75,5455. (2) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Qiroati termasuk dalam kualifikasi “Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 71,04. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh hasil to (t observasi) adalah 2,839. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,67 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,39. Ini berarti nilai t observasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ Al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru kaliwungu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua, guru dan siswa agar selalu memperhatikan aktivitas belajar al-Qur'an kesehariannya sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an.
id IOS2754.2135
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:48Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:02Z
recordtype dc
_version_ 1765821477580439552
score 17.538404