Fa``āliyah istikhdām istirātījiyyah al-naṣ al-`asywā’ī fī tarqiyah injāz ta`allum mahārah al-qirā’ah ladai al-talāmīż li ṣaff al-ṡāmin bi madrasah “Assalafiyah” al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Sitanggal Brebes
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang belajar Bahasa Arab dengan menggunakan strategi teks acak di kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang belajar Bahasa Arab tanpa menggunakan strategi teks acak di kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes. (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi teks acak dalam meningkatkan hasil belajar maharah qira’ah terhadap siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari tujuh kelas. Adapun sampel yang di ambil adalah dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelompok Eksperimen yang telah di ajar Qira’ah pada bab al hiwayah dengan menggunakan strategi teks acak. Dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang telah di ajar Qira’ah pada bab al hiwayah tanpa menggunakan strategi teks acak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen, sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan metode tes, sedangkan metode untuk menganalisa data penulis menggunakan rumus T-Test. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) nilai siswa yang belajar maharah qira’ah dengan menggunakan strategi teks acak kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal nilai rata-ratanya adalah 75,62. (2) nilai siswa yang belajar maharah qira’ah tanpa menggunakan strategi teks acak kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal nilai rata-ratanya adalah71,56. Bahwa pembelajaran maharah qira’ah dengan menggunakan strategi teks acak terhadap siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan strategi tersebut. Dari segi nilai rata-rata, karena perolehan nilai rata-rata terhadap siswa yang belajar menggunakan strategi teks acak lebih besar dibandingkan nilai rata-rata siswa yang belajar tanpa menggunakan strategi tersebut. Hal ini juga di tunjukkan dari hasil T Test yaitu ttabel < thitung =1,96 < 1,67 berarti signifikan dan hipotesis dalam penelitian ini diterima.