Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya menjadi seorang guru yang profesional karena guru merupakan pemegang peran utama dalam pembangunan pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana persepsi siswa tentang profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak? (2) Bagaimana motivasi belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak? (3) Apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak? Penelitian ini menggunakana metode angket dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Karangtengah Demak yang beragama Islam yang berjumlah 804 siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik. Teknik analisis data yang penulis gunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi Pearson Product Moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif sebesar 0,341 antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Karangtengah. Karena r0>rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis yang telah diajukan diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dam masukan bagi segenap sivitas akademika, terutama bagi segenap guru PAI untuk senantiasa meningkatkan profesionalitas mereka.