Daftar Isi:
  • Perusahaan jasa memasarkan berbagai macam jenis atribut-atribut jasa pelayanan yang dapat memberikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Persaingan yang semakin ketat mempengaruhi bisnis jasa untuk menemukan strategi baru untuk konsumen agar tetap loyal memakai jasa. Hal ini sedikit banyak berpengaruh pada perkembangan industri rumah sakit karena rumah sakit sekarang ini bukan sekedar menjalankan fungsi sosialnya saja melainkan juga harus menguntungkan untuk pengelolaanya. Salah satu yang dapat dilakukan rumah sakit untuk dapat bersaing adalah dengan membangun kualitas pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik membuat pasien merasa percaya saat berobat atau rawat inap di rumah sakit tersebut sehingga timbul loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Dari pemaparan di atas inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RSI NU Demak”. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien rawat inap RSI NU Demak? Dalam penelitian ini yang di gunakan untuk mengambil sampel yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dengan teknik insidental sampling adalah teknik penentuan sample berdasarkan kebetulan. Maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 40 responden. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, kuesioner, observasi dan teknik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar (32,865) sedangkan Ftabel sebesar (3,245) yang berarti hipotesis ada pengaruh bahwa kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh thitung (5,733) < ttabel (1,985) yang berarti secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dinyatakan signifikan.