Pengaruh atribut produk Tabungan Batara IB terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kantor cabang Syari’ah Semarang
Daftar Isi:
- Persaingan perbankan syariah sekarang ini semakin kompetitif. Keadaan tersebut menuntut pelaku perbankan syariah lebih mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Sampai dengan tahun 2010 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) mengalami peningkatan dana tabungan. Akan tetapi dalam persaingan perbankan nasional sekitar 67% penghimpun tabungan terbesar dicapai oleh BCA kemudian disusul berturut-turut oleh Mandiri, BRI dan BNI. Sedangkan BTN dari 10 bank papan atas menempati urutan paling akhir. Atribut produk merupakan unsur produk yang dianggap penting dalam keputusan pembelian. Nasabah yang telah mendapatkan manfaat tertentu suatu produk, mereka akan loyal. Loyalitas nasabah tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten dan bersedia merekomendasikan produk perusahaan kepada orang lain. Loyalitas nasabah berpengaruh positif terhadap perkembangan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh atribut produk Tabungan Batara iB terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris bagaimana atribut produk Tabungan Batara iB berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat: 1)bagi praktisi perbankan syariah dalam menentukan kebijakan mengenai atribut produk agar nasabah semakin loyal. 2)bagi akademik diharapkan dapat menambah teori dan aplikasi terhadap pengembangan Ilmu Ekonomi Islam. 3)sebagai bahan informasi penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah melalui uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 17.00 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (atribut produk tabungan) terhadap variabel dependen (loyalitas nasabah) sebesar 4,8%. Sedangkan 95,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini berarti sangat lemah sekali kemampuan variabel atribut produk Tabungan Batara iB dalam menerangkan variabel loyalitas nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.