Pengaruh intensitas pengunaan tiktok dan Islamic parenting terhadap sosioemosional anak di SDN Sukamanah 02 Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi

Main Author: Mughni, Hafizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19857/1/1804046056_Hafizah%20Mughni_Full%20Skripsi%20-%20Hafizah%20Mughni%20UIN%20Walisongo.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19857/
Daftar Isi:
  • Pada era milenial sekarang anak Sekolah Dasar sudah banyak bermain media sosial. Salah satunya pada aplikasi Tiktok. Pada penelitian ini bukan membahas mengenai aplikasi Tiktok, melainkan kepada intensitas penggunaan Tiktok dalam keseharian anak. Ketika anak menaruh perhatian penuh saat mengaksesnya maka hal itu akan menyita banyak waktu dari aktivitas lainnya seperti belajar ataupun bersosial dengan orang terdekat. Pola perilaku tersebut mengakibatkan adanya perubahan perilaku dalam keseharian anak yaitu perilaku sosial serta emosional (sosioemosional). Hal ini yang menjadi perhatian besar bagi para orangtua karena dalam menengahi promblematika ini perlunya kontrol pola asuh kepada anak, dengan salah satunya pendekatan karakter budi pekerti serta menanamkan ketaqwaan kepada anak, yang nantinya akan membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah bagi anak. Pola asuh tersebut yang menjadi tujuan dalam pola asuh Islami atau dikenal dengan Islamic parenting. Metode dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 88 siswa. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan di analisis menggunakan analisis regresi ganda dengan perhitungan melalui SPSS versi 24.0 for windows. Diperoleh hasil berdasarkan uji hipotesis secara parsial pada intensitas penggunaan Tiktok terhadap sosioemosional diperoleh nilai Thitung sebesar -3,168 dan nilai Sig. sebesar 0,002 (0,002<0,05) dengan taraf signifikansi 5%, artinya secara parsial bahwa intensitas penggunaan Tiktok (X1) berpengaruh negatif terhadap sosioemosional anak (Y). Pada islamic parenting terhadap sosioemosional diperoleh nilai Thitung sebesar 2,246 dan nilai Sig. sebesar 0,027 (0,027<0,05) dengan taraf signifikansi 5%, artinya secara parsial bahwa islamic parenting (X2) berpengaruh positif terhadap sosioemosional anak (Y). Kemudian secara simultan diperoleh hasil nilai Fhitung sebesar 9,506 dan nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000<0,01) dengan taraf signifikansi 1%, artinya bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara intensitas penggunaan Tiktok dan islamic parenting terhadap sosioemosional anak di SDN Sukamanah 02 Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Dengan kontribusi atau sumbangsih intensitas penggunaan Tiktok dan islamic parenting terhadap sosioemosional sebesar 0,183 atau 18,3% yang ditunjukkan melalui hasil uji determinasi (R2) dan sebesar 81,7% lainnya berasal dari variabel atau faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian.