Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: Mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran out door dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah di SMP Alam Ar-Ridho Semarang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis, karena penelitian ini dapat dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun untuk mengumpulkan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang manajemen pembelajaran out door SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan sekolah alam, profil, visi misi, sarana dan prasarana. Sedangkan metode wawancara/interview digunakan untuk memperoleh data tentang tanggapan/pendapat mengenai keadaan sekolah alam terkait dengan pembelajaran out door, pengembangannya serta sejauh mana manajemennya sehingga memberikan konstribusi berharga dalam peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; setiap lembaga pendidikan, khususnya sekolah alternatif atau sekolah formal pada umumnya harus melaksanakan pembelajaran out door. Hal ini mengingat pentingnya pembelajaran out door sampai diibaratkan sebagai “pendidikan sadar lingkungan” dan mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar. Secara keseluruhan keadaan SMP Alam Ar Ridho Semarang sudah memenuhi standar pendidikan yang baik. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya adalah penambahan sarana dan prasarana, penambahan buku bacaan perpustakaan, peningkatan sumber daya manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran out door di SMP Alam Ar Ridho Semarang sudah baik. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pengelolaan sekolah alam yang menggunakan fungsi-fungsi manajemen, yang meliputi: (planning), (organizing), (actuating), dan (controlling). Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan pembelajaran out door di sekolah maupun di madrasah khususnya pada lembaga pendidikan Islam baik negeri maupun swasta. Pengelolaan pembelajaran out door dengan sistem manajemen yang professional akan menjadikan sekolah alam sebagai tempat yang nyaman bagi siswa dan guru. Sehingga sekolah dikatakan bermutu apabila telah menerapkan manajemen pembelajaran dengan baik dan dan menyenangkan bagi peserta didiknya.