Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android pada materi momentum dan impuls untuk siswa SMA/MA
Main Author: | Islamiyati, Risma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19795/1/1808066046_Risma%20Islamiyati_Full_Skripsi%20%282%29%20-%20Risma%20Islamiyati%281%29.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19795/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media yang kurang beragam menyebabkan proses pembelajaran berjalan kurang optimal sehingga diperlukan media yang kreatif dan menarik untuk mengoptimalkan pembelajaran. Teknologi seluler membuka peluang tentang metode pengajaran dan pembelajaran baru yang lebih menarik, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi android dengan materi pokok Momentum dan Impuls. Aplikasi ini dikembangkan dengan bantuan Kodular dan dapat dijalankan pada android minimal versi 7.0 atau Nougat. Hasil penilaian dari validator menunjukkan media yang dikembangkan masuk kategori “Sangat Layak” dengan perolehan persentase sebesar 87,5% ditinjau dari aspek media dan materi. Adapun rata-rata penilaian siswa terhadap media sebesar 4,57 yang artinya media masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Efektivitas media diperoleh dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 82% siswa tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan produk ini memenuhi tiga kriteria yaitu “Sangat Layak” menurut ahli, “Sangat Baik” menurut siswa, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.