Pengembangan lkpd berbasis model SSCS pada alat optik sederhana sebagai sumber belajar alternatif di SMP Islam Al Kautsar Kota Semarang untuk peserta didik kelas VIII

Main Author: Suherman, Nandina Khoiriyyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19787/1/1708066030_Nandina_lengkap%20tugas%20akhir%20-%20Nandina%20Khoiriyyah%20S..pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas produk LKPD berbasis SSCS (search, solve, create and share) pada pembuatan alat optik sederhana sebagai sumber belajar alternatif dengan sampel sebanyak 37 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4-D(Define, Design, Development and Disseminate). Produk yang dikembangkan merupakan LKPD yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran SSCS yang meliputi lembar wawancara, lembar kuesioner analisis kebutuhan dan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk LKPD memiliki kriteria yang baik dengan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat valid, sedangkan oleh ahli materi memperoleh persentase nilai sebesar 92,18% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji skala kecil terbatas oleh peserta didik pada aspek materi sebesar 81%, aspek kebahasaan sebesar 86% dan aspek kegrafikan sebesar 86% yang masing masing aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga LKPD berbasis SSCS dapat disimpulkan sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif untuk peserta didik.