Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas etika guru dalam proses belajar mengajar agama Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul Alim Wal muta’allim. Kajianya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pondasi pokok dalam pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana etika guru dalam proses belajar mengajar agama Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim?. Penelitian ini dilakukan melaui metode library reseach (kajian pustaka) dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara non statistic, dengan data primer sebagai sumber data utama dan sumber data skunder sebagai sumber data pendukung. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara non statistik.yakni analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam proses belajar mengajar agama Islam dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim meliputi: 1. Etika Guru terhadap diri sendiri yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh setiap pribadi guru 2. Etika Guru dalam proses belajar mengajar 3. Etika bagi Guru terhadap murid 4. Etika terhadap kitab sebagai alat pelajaran Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari mengenai etika yang harus dipedomani oleh guru masih sangat relevan untuk diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar agama Islam pada saat ini. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai manivestasi kompetensi yang ia miliki untuk menggapai derajat tertinggi baik dalam pandangan manusia maupun pandangan Tuhan.