Rancang bangun aplikasi augmented reality gedung sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo berbasis Android
Main Author: | Azzam, Abdulloh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19777/1/Skripsi_1808096004_Abdulloh_Azzam.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19777/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi dalam penyampaian informasi sangat pesat. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi adalah Augmented Reality. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu menampilkan objek-objek virtual tersebut secara real time. Sebagai media informasi, dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk pengenalan Gedung utama Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Denah Gedung utama FST yang digunakan saat ini menggunakan Printer Metromedia Technologies (MMT). Oleh karena itu peneliti merancang dan membangun aplikasi berbasis Android yang memanfaatkan Augmented Reality yang dapat memvisualkan Gedung utama FST dan denah Gedung Utama FST secara 3D untuk memperkenalkan Gedung utama FST dan memudahkan mahasiswa dalam mencari ruangan pada Gedung Utama FST. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan aplikasi AR yang dibuat ini dalam memvisualisasikan Gedung FST UIN Walisongo Semarang berhasil dengan baik. Hasil validasi aplikasi oleh ahli menunjukan sebesar 98,46% yang berkategori sangat layak. Pengujian aplikasi menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) pada mahasiswa Teknologi Informasi UIN Walisongo angkatan 2021, aplikasi mendapatkan hasil sangat layak untuk digunakan dengan persentase 92,06%.