Pengaruh atribut destinasi islami terhadap loyalitas berkunjung kembali di Kabupaten Gayo Lues yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan

Main Author: Izzudin, Muhammad Mukhlis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19483/1/SKRIPSI_1705026008_MUHAMMAD_MUKHLIS_IZZUDIN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19483/
Daftar Isi:
  • Meningkatnya industri halal di Kabupaten Gayo Lues memunculkan wisata halal (halal tourism) sebagai fenomena baru. Hal ini juga didukung oleh berbagai literatur yang menjelaskan bahwa wisatawan Muslim peduli terhadap konsumsi produk dan layanan sesuai syariah ketika berkunjung ke destinasi wisata. Minat terhadap wisata halal (halal tourism) mengalami pertumbuhan yang meningkat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengeruh atribut destinasi Islami terhadap loyalitas berkunjung kembali yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan di Kabpuaten Gayo Lues. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan riset SEM (Structural Equation Modeling). Sampel penelitian ini adalah wisatawan Muslim yang pernah berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Gayo Lues sebanyak 156 responden. Sementaraitu analisis data menggunakan model PLS-SEM yang di bantu dengan aplikasi Smart-PLS versi 3.2. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut destinasi Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan juga berpenagruh positif dan signifikan terhadap loyalitas berkunjung kembali. Semetara itu, atribut destinasi islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas berkunjung kembali. Lebih lanjut, kepuasan wisatawan mampu memediasi hubungan antara atribut destinasi Islami terhadap loyalitas berkunjung kembali.