Daftar Isi:
  • Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data di ambil menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview, setelah data terkumpul kemudian di analisa dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di harapkan mampu mengungkap bagaimana Model Pengembangan Hidden Curriculum pada Pembelajaran Akidah Akhlak, dan bagaimana pelaksanaan Hidden Curriculum pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah : 1) Observasi, mengamati secara langsung kegiatan pengembangan pelaksanaan Hidden Curriculum pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. 2) Interview, wawancara langsung dengan guru akidah akhlak dan pihak yang berkaitan dengan madrasah ( Kepala sekolah dan bagian kurikulum) Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. 3) Dokumentasi, untuk mengetahui data tentang kelembagaan dan administrasi di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. Analisa data yang di gunakan ada beberapa langkah, yaitu : 1) Menelaah seluruh data yang terkumpul dari berbagai sumber, 2) Mengadakan redaksi data yang di lakukan dengan jalan abstraksi, 3) Menyusun data dalam mengorganisasikan pokok-pokok pikiran tersebut dengan cakupan fokus penelitian dan mengujikannya secara deskriptif, 4) Mengadakan pemeriksaan keabsahan hasil penelitian dengan menghubungkan teori, 5) Mengambil kesimpulan. Pengembangan Hidden Curriculum pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak di katakana belum secara nyata di kembangkan tetapi secara tidak sadar pendidikan akidah akhlak sudah menerapkannya dalam kurikulum yang sudah berlaku sekarang. Dalam pengembangannya menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan dengan model pelaksanaannya berintegrasi dalam bidang studi yang lain dan di butuhkan peran para komponen pendidik. Di antaranya pendidik memberikan contoh yang baik dalam setiap perilakunya sehingga pembelajaran akidah akhlak lebih menekankan contoh konkret dari pada uraian. Dan pendidik akan mempengaruhi watak secara positif sehingga nilai-nilai tersebut tertanam dan terhayati dalam kehidupan peserta didik. Evaluasi yang di lakukan dengan cara melihat penilaian sehari-hari apakah sudah sesuai dengan akhlak yang di ajarkan agama islam dan akidah dilihat dari pengalaman sehari-hari.