Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : 1) Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw yang bisa memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. 2) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Prembun Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw di MTs Negeri Prembun Kebumen, yaitu ditunjukkan dengan adanya perubahan motivasi belajar yang dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor pada pra siklus 94,31 menjadi 102,24 pada siklus I, dan meningkat menjadi 106, 4 pada siklus II, serta pada siklus III menjadi 119,02. Hal ini dinyatakan dari hasil peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan perolehan jumlah skor dalam bentuk persentase dengan jumlah skor pada pra siklus 22,3 % menjadi 23,2 % pada siklus 1, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 25,2 % dan pada siklus III bertambah menjadi 28, 3 %. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa yang lain, para tenaga pengajar, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.