Etika bisnis Islami dalam praktek bisnis Rasulullah

Main Author: Saifullah, Muhammad
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Walisongo , 2011
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1942/1/Saifullah-Etika_bisnis_Islami.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1942/
http://journal.walisongo.ac.id/index.php/wali/index
Daftar Isi:
  • Historical study of the Muhammad’s behavior and business ethics before being appointed as messenger is an interesting study, because the conduct and business ethics that Mohammed applied was based on the study of the verses of the Koran.After appointed as messenger (40 years old), the life of prophet Muhammad wasmore guided by the revelations of the Qur'an. Some principles which the prophet applied are honest, amanah, accurate in weighting, , avoid gharar, not hoard goods,not execute al-ghab and tadlis among seller and buyer. ABSTRAK: Kajian sejarah mengenai perilaku dan etika bisnis Muhammad sebelum ditunjuksebagai nabi merupakan kajian yang menarik, karena peri laku dan etika bisnisyang diterapkan oleh Muhammad didasarkan pada kajian ayat-ayat al-Qur’an.Setelah ditunjuk sebagai nabi (usia 40 tahun), kehidupan Nabi Muhammad lebihdibimbing oleh wahyu-wahyu al-Qur’an. Beberapa prinsip yang diterapkan olehMuhammad adalah jujur, amanah, timbangan yang tepat, menghindari gharar,tidak menimbun barang, tidak melakukan al-ghalb dan tadlis di antara penjualdengan pembeli.Keywords: etika, moral, bisnis, Muhammad, perilaku, ekonomi.