Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 23 Semarang

Main Author: Wahyudi, Imam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19160/2/1703016007_IMAM%20WAHYUDI_Ful%20Skeripsi%20-%20Imam%20Wahyudi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19160/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pokok-pokok permasalahan permasalahan yaitu 1. Bagaimanakah peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMP Negeri 23 Semarang? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 23 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 23 Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 23 Semarang. Data diperoleh dengan melalui wawancara dan observasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 23 Semarang berjalan dengan baik. Peran guru ada tiga, yaitu guru sebagai pembimbing, guru sebagai teladan dan guru sebagai penasehat. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 23 Semarang, diantarnya tenaga pendidik, lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak yaitu lingkungan keluarga, pergaulan remaja. Berdasarkan temuan tersebut sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan segala bentuk upaya pembinaan akhlak terhadap siswa, karena pesatnya pengaruh globalisasi dikalangan belajar.