Pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di Kelas IV MI Al-Ghozali Mranggen
Main Author: | Zakiyyah, Lutfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19118/1/1803096126_Lutfi%20Zakiyyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Lutfi%20Zakiyyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19118/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga Dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di MI Al-Ghozali Mranggen. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh kelas IV 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji t yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep KPK siswa sebelum dan sesudah digunakannya model kooperatif berbantu alat peraga dakota menjadi semakin meningkat. Dibuktikan dari hasil pemahaman konsep matematika dengan yang menggunakan model kooperatif berbantu alat peraga dakota adalah 78,00 sedangkan dengan yang menggunakan metode konvensional dengan media papan tulis adalah 62,50. Sedangkan dari uji t diperoleh nilai t sebesar 4,376 dengan sig (2-tailed) 0,000. Karena diperoleh nilai sig < 0,05 sehingga secara signifikan maka dapat peneliti simpulkan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif berbantu alat peraga dakota terhadap pemahaman konsep KPK siswa di MI Al-Ghozali Mranggen.