Pengaruh penggunaan metode concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kendal tahun pelajaran 2021/2022

Main Author: Ulfa, Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19113/1/Maria%20Ulfa_153096075_SKRIPSI%20-%20Maria%20Ulfa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19113/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan metode concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan. Penelitian ini meggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design. Dengan menggunakan rancangan desain One Group PretestPostest Design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan dengan analisis statistik uji t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan nilai rata-rata nilai awal pretest adalah 61,83 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 45, sementara rata-rata nilai akhir (posttest) adalah 72,33 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung= 7.584 dan t_tabel = 1,699 dengan taraf signifikan 5%. karena〖 t〗_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, jadi metode pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2021/2022.