Media buku bergambar sebagai literasi dalam perkembangan bahasa anak pada Kelompok B di Tk Ar-Ridlwan Tritis Jepara
Main Author: | Mukhofifah, Laili |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19106/1/1703106068_Laili%20Mukhofifah_Tugas%20Akhir%20-%20Laily%20Mukhofifah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19106/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan literasi pada anak usia dini berada pada tahap literasi dasar. Anak usia dini sering kali terlibat mencoret-coret kertas atau dinding dengan huruf-huruf atau angka namun masih kurang jelas dan tertata. Membaca dini pada anak sangat dibutuhkan, untuk memperkuat dan menjadi landasan bagi anak itu sebelum anak terjun lebih dalam di dunia membaca dan literasi yang sebenarnya seperti orang dewasa. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi anak dalam perkembangan bahasa adalah buku bergambar. Seperti halnya yang diterapkan di TK Ar-Ridlwan telah menerapkan media buku bergambar sebagai salah satu cara untuk mengimplementasikan literasi dalam perkembangan bahasa anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media buku bergambar sebagai literasi dalam perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Ar-Ridlwan Tritis, Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan analisis. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di TK Ar-Rildwan Tritis, Jepara mendapatkan hasil bahwa bahwa terdapat 13 anak baik literasi dan perkembangan bahasanya sudah berkembang sesuai harapan, 1 siswa berkembang sangat baik dan 4 siswa lainnya masih dalam tahap berkembang. Hal ini membuktikan bahwa media buku bergambar dapat meningkatkan kemapuan literasi pada perkembangan bahasa anak di TK Ar-Rildwan Tritis, Jepara.