Pengaruh pelaksanaan program sapta pesona terhadap minat kunjungan ulang wisata religi di Makam Sunan Katong Kaliwungu Kabupaten Kendal

Main Author: Arum, Desy Triana Wahyu Setias
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19032/1/1701036145_Desy%20Triana%20Wahyu%20Setias%20Arum_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ditulis oleh Desy Triana Wahyu Setias Arum dengan judul “Pengaruh Pelaksanaan Program Sapta Pesona terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisata Religi di Makam Sunan Katong Kaliwungu Kabupaten Kendal”. Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Uin Walisongo Semarang 2022. Sapta pesona merupakan jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui perwujudan aspek aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Minat berkunjung kembali merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan kunjungan ulang. Wisata religi atau wisata ziarah yang bisa juga disebut wisata keagamaan merupakan jenis wisata yang dikaitkan dengan agama, kepercayaan, spiritual, ataupun adat istiadat dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program sapta pesona terhadap minat kunjungan ulang pada makam Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Pengambilan data menggunakan metode angket atau kuesioner survey, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung makam Sunan Katong. Sampel diambil sebanyak 100 orang sebagai responden. Data diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Product Moment Corellation dari Pearson, dan Alpha Cronbach, dengan progam SPSS 20.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel sapta pesona menunjukan nilai perolehan t hitung 15,636 > t tabel 1,664 dan nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat dilihat bahwa variabel sapta pesona berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ulang. Variabel sapta pesona menunjukan nilai perolehan F hitung 244,471 > F tabel 3,94 dan nilai Sig 0.000 < 0.05 dapat dilihat bahwa variabel sapta pesona secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ulang. Hasil dari R Square R2 sebesar 0,714 artinya ada pengaruh antara variabel sapta pesona terhadap minat kunjungan ulang sebesar 71,4%