Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi pedagogik melalui program pelatihan literasi digital pada guru PAI SD di Kradenan Grobogan
Main Author: | Fajriantika, Salma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18841/1/1803016170_Salma%20Fajriantika_Full_Skripsi%20-%20Salma%20Fajriantika.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18841/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pelatihan literasi digital yang dilaksanakan oleh KKG PAI Kradenan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada guru PAI SD di Kradenan Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Pengawas PAI SD Kradenan Grobogan, Pengurus dan anggota KKG PAI SD di Kradenan Grobogan. Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan literasi digital berupa; pengenalan media digital, pengomunikasian konten digital, praktek mengunduh, pembuatan konten digital dan praktek berbagi konten digital dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi digital seperti google classroom, aplikasi google meet, zoom meeting, whatsapp dan Youtube sebagai media proses pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program literasi digital sebesar 80%, tidak berhasil 100% dikarenakan yang 20% untuk guru yang dianggap kemampuan ITnya masih rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kegiatan pelatihan literasi digital KKG mampu meningkatkan Kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kradenan Grobogan. Kemampuan literasi digital guru jauh lebih baik dalam mengembangkan pembelajaran kearah sistem digital sebagai media pembelajaran PAI dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.