Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang

Main Author: Febriani, Wulan Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18780/1/1803016150_Wulan%20Dwi%20Febriani_Full%20Skripsi%20-%20Wulan%20Dwi%20F.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18780/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efikasi diri siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang, (2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang, (3) Ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidyatus Syubban Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode survei. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas IX dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 77 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri siswa MTs Hidayatus Syubban Semarang berada dalam kategori “cukup” dengan skor rata-rata 93,68. (2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang juga berada dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 73,31. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Hal ini dibuktikan melalui nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 32,107 > 3,968. Nilai r sebesar 0,548 sehingga terdapat pengaruhya sebesar 30%, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.