Hubungan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal

Main Author: Firdanisa, Anizul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18756/1/1803016047_Anizul%20Firdanisa_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Anizul%20Firdanisa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18756/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang korelasi antara persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih merasa bosan dan belum siap mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi dan statistika deskriptif, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS IBM 26 untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal dikategorikan cukup baik. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata skor kuesioner sebesar 121,4. 2) Hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal dikategorikan cukup baik. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata nilai sebesar 85,7. 3) Terdapat korelasi yang signifikan dan cukup kuat antara persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal. Hal ini berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan nilai rhitung sebesar 0,463. hasilnya 0,000 < 0,05 dan rxy (hitung) > rtabel, yaitu 0,463 > 0,234 pada taraf signifikansi 5%. maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.