Efektivitas model pembelajaran flipped classroom materi pemanasan global terhadap prestasi belajar kognitif fisika siswa kelas XI di SMAN 3 Cikampek

Main Author: Nurfalah, Farika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18730/1/Skripsi_1808066064_Farika_Nurfalah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18730/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran yang kurang bervariatif dan masih berpusat pada guru berpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Siswa merasa jenuh pada saat mengikuti pembelajaran sehingga kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran flipped classroom serta bagaimana peningkatan prestasi belajar kognitif fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Cikampek pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan two-group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan jumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan jumlah 30 siswa. Keefektifan model pembelajaran ditinjau dari hasil uji N-gain, hasil respon siswa, kemudian uji beda dengan menggunakan uji-t. Perolehan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,66 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,38. Persentase respon siswa terhadap model pembelajaran sebesar 84,67% yang terkategorikan baik. Terdapat perbedaan hasil posttest yang di uji-t dengan perolehan nilai 0,000<α menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 3 Cikampek pada materi pemanasan global.