Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR)

Main Author: Aini, Khofifah Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/1/Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/
ctrlnum 18704
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/</relation><title>Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR)</title><creator>Aini, Khofifah Nurul</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>541 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Proses pembelajaran dalam kelas yang masih berpusat pada guru serta kurangnya sumber belajar pada materi kimia, terkhusus pada materi larutan penyangga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam mempelajari materi. Larutan penyangga merupakan salah satu mata pelajaran dengan nilai yang belum mencapai KKM. Penggunaan smartphone dalam pembelajaran menjadi media belajar, untuk itu mengembangkan modul mandiri dengan menghubungkan Augmented Reality (AR) menjadi sebuah solusi yang tepat. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD dengan model 4D namun hanya dilaksanakan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap modul kimia larutan penyangga terintegrasi AR. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Pegandon. Karakteristik dari modul yang dikembangkan terdapat marker yang mampu discan sehingga menampilkan AR. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji kevalidan dengan formula aiken&#x2019;s V, diperoleh hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,77 kategori valid dan 0,78 kategori valid. Hasil pengujian respon siswa diperoleh persentase keidealan media sebesar 93,3% dan penilaian kualitas aspek keseluruhan media sebesar 70 (Sangat Baik).</description><date>2022-10-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/1/Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini.pdf</identifier><identifier> Aini, Khofifah Nurul (2022) Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18704</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aini, Khofifah Nurul
title Inovasi modul kimia larutan penyangga terintegrasi Augmented Reality (AR)
publishDate 2022
isbn 9781808076060
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
541 Physical and theoretical chemistry
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/1/Skripsi_1808076065_Khofifah_Nurul_Aini.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18704/
contents Proses pembelajaran dalam kelas yang masih berpusat pada guru serta kurangnya sumber belajar pada materi kimia, terkhusus pada materi larutan penyangga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam mempelajari materi. Larutan penyangga merupakan salah satu mata pelajaran dengan nilai yang belum mencapai KKM. Penggunaan smartphone dalam pembelajaran menjadi media belajar, untuk itu mengembangkan modul mandiri dengan menghubungkan Augmented Reality (AR) menjadi sebuah solusi yang tepat. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD dengan model 4D namun hanya dilaksanakan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap modul kimia larutan penyangga terintegrasi AR. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Pegandon. Karakteristik dari modul yang dikembangkan terdapat marker yang mampu discan sehingga menampilkan AR. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji kevalidan dengan formula aiken’s V, diperoleh hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,77 kategori valid dan 0,78 kategori valid. Hasil pengujian respon siswa diperoleh persentase keidealan media sebesar 93,3% dan penilaian kualitas aspek keseluruhan media sebesar 70 (Sangat Baik).
id IOS2754.18704
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821686501867520
score 17.538404