Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains bercirikan kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot materi suhu dan kalor
Main Author: | Anzazmoro, Santi Rica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18703/1/Skripsi_1808066060_Santi_Rica_Anzazmoro.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18703/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berbasis literasi sains bercirikan kearifan lokal menggunakan aplikasi Kahoot! materi Suhu dan Kalor serta mengetahui respon peserta didik terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 MA. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan artikel yang mencakup dua indikator literasi sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah yang dihubungkan dengan kearifan lokal yang ada di Jepara meliputi kerajinan monel Kriyan, perang obor, dan pengolahan biji kopi Tempur. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan Sangat Valid dengan indeks V sebesar 0,83. Reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan dapat dikategorikan reliabel dengan hasil r hitung sebesar 0,44. Produk akhir instrumen tes menghasilkan 10 butir soal, 2 soal kategori mudah dan 8 soal kategori sedang. Daya beda soal terdiri atas 1 soal baik sekali; 2 soal baik; 4 soal cukup; dan 3 soal jelek. Hasil rata-rata respon peserta didik 76% yang dapat dikategorikan menarik.