Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen untuk kelas XI SMA/MA pada materi fluida statis

Main Author: Fajarwati, Diah Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18699/1/Skripsi_1808066047_Diah_Indra_Fajarwati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18699/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media pembelajaran fisika yang dapat menemukan suatu konsep dan pengalaman yang dapat dipraktekkan secara nyata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik, kelayakan serta respon peserta didik dari produk LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan model ADDIE yang hanya dibatasi sampai tahap analysis, design, dan development. Subjek pada penelitian ini merupakan 35 siswa kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 2 Kendal dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kelayakan serta kevalidan berupa instrumensi validasi oleh ahli dan angket respon peserta didik. LKPD yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 89,8% dan hasil dari angket respon peserta didik memperoleh kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 88,8% dengan menggunakan interpretasi skala likert 1 sampai 5. Berdasarkan hasil data, maka media pembelajaran LKPD berbasis eksperimen pada materi fluida dinyatakan sangat layak dan sangat baik untuk digunakan peserta didik dalam bidang keilmuan fisika.