Desain petunjuk praktikum larutan asam basa berbasis PBL (Problem Based Learning) berorientasi green chemistry

Main Author: Sundusiyah, Asfiyatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18675/1/Skripsi_1808076046_Asfiyatus_Sundusiyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18675/
Daftar Isi:
  • Green chemistry merupakan suatu konsep yang mendesain proses atau produk dengan mengurangi penggunaan zat kimia berbahaya guna mengurangi pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa petunjuk praktikum berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi green chemistry pada materi asam basa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang meliputi tahap Define, Design, dan Develop dengan subjek penelitian uji coba skala kecil 9 peserta didik. Kualitas petunjuk praktikum dinilai berdasarkan validasi ahli dan respons peserta didik. Hasil uji validasi petunjuk praktikum oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,95 dan 0,94. Hasil analisis respons peserta didik terhadap petunjuk praktikum mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 89%. Karakteristik petunjuk praktikum hasil pengembangan disusun berdasarkan sintaks pembelajaran PBL yang menyajikan permasalahan di sekitar dan memuat green chemistry. Dari data validasi ahli dan respons peserta didik, maka petunjuk praktikum berbasis PBL berorientasi green chemistry pada materi asam basa yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.