Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa

Main Author: Sonia, Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/
ctrlnum 18672
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/</relation><title>Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa</title><creator>Sonia, Citra</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran oleh guru akan menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar yang digunakan berupa uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran proyek berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa dengan nilai N-gain 0,509. Peningkatan tersebut termasuk ke dalam kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran proyek berbasis kontekstual juga mendapatkan respon serta penilaian dalam kategori baik menurut siswa dan observer. Respon siswa menunjukkan persentase sebesar 78%, sedangkan penilaian oleh observer memperoleh persentase sebesar 73%.</description><date>2022-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf</identifier><identifier> Sonia, Citra (2022) Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18672</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sonia, Citra
title Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa
publishDate 2022
isbn 9781808076039
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/
contents Ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran oleh guru akan menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar yang digunakan berupa uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran proyek berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa dengan nilai N-gain 0,509. Peningkatan tersebut termasuk ke dalam kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran proyek berbasis kontekstual juga mendapatkan respon serta penilaian dalam kategori baik menurut siswa dan observer. Respon siswa menunjukkan persentase sebesar 78%, sedangkan penilaian oleh observer memperoleh persentase sebesar 73%.
id IOS2754.18672
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821686415884288
score 17.538404