Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa
Main Author: | Sonia, Citra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/ |
ctrlnum |
18672 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/</relation><title>Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa</title><creator>Sonia, Citra</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran oleh guru akan menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar yang digunakan berupa uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran proyek berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa dengan nilai N-gain 0,509. Peningkatan tersebut termasuk ke dalam kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran proyek berbasis kontekstual juga mendapatkan respon serta penilaian dalam kategori baik menurut siswa dan observer. Respon siswa menunjukkan persentase sebesar 78%, sedangkan penilaian oleh observer memperoleh persentase sebesar 73%.</description><date>2022-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf</identifier><identifier> Sonia, Citra (2022) Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18672</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sonia, Citra |
title |
Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781808076039 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 540 Chemistry and allied sciences |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/1/Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672/ |
contents |
Ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran oleh guru akan menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar yang digunakan berupa uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran proyek berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa dengan nilai N-gain 0,509. Peningkatan tersebut termasuk ke dalam kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran proyek berbasis kontekstual juga mendapatkan respon serta penilaian dalam kategori baik menurut siswa dan observer. Respon siswa menunjukkan persentase sebesar 78%, sedangkan penilaian oleh observer memperoleh persentase sebesar 73%. |
id |
IOS2754.18672 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2023-02-24T21:14:33Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:14:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821686415884288 |
score |
17.538404 |