Pengembangan modul investigation based multiple representation (IBMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi getaran dan gelombang siswa MTS kelas VIII

Main Author: Herbianto, Sheren Aurellya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18670/1/Skripsi_1708066048_Sheren_Aurellya_Herbianto.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18670/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang terintegrasi Investigation Based Multiple Representation (IBMR) pada materi getaran dan gelombang. Media yang dikembangkan berupa modul yang dapat diakses secara online dalam pengembangannya digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models), tahapan penelitian yang dilakukan antara lain: define, design), develop, dan disseminate. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Barat dengan jumlah siswa 15 anak. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran IPA yaitu guru IPA Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Barat dan uji keterbacaan yang dilakukan oleh siswa. Pada analisis data validasi penilaian materi mendapatkan kategori sangat layak (SL) dengan persentase 98,57%, untuk penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat layak (SL) dengan persentase 95,59%. Uji keterbacaan dilakukan oleh 15 siswa mendapatkan hasil 95,61% kategori sangat layak (SL). Peningkatan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan modul dapat diketahui dengan hasil pretest dan posttest yang diukur menggunakan N-gain dengan skor peningkatan sebesar 0,683 (sedang).