Pengalaman guru sekolah dasar dalam menggunakan media pembelajaran

Main Author: Nursidiq, Aji Permana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18633/1/1803096128_Aji%20Permana%20Nursidiq_Full_Skripsi%20-%20Aji%20Permana%20Nursidiq%20UIN%20Walisongo.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18633/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendapati pengalaman guru dalam menggunakan media pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar swasta yang bercirikan Islam. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan memberikan lembar survei online Google Forms sebagai studi awal, dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti sebagai studi pendalaman dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menemukan bahwa guru sekolah dasar lebih memilih media pembelajaran tradisional daripada media pembelajaran digital karena aksesibilitas dan portabilitas yang lebih besar. Namun, para guru melaporkan bahwa mereka kurang memanfaatkan media pembelajaran terbaru secara optimal karena mereka jarang menghadiri pelatihan sehingga kurang memiliki keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan guru dalam menggunakan media pembelajaran antara lain kurangnya dukungan kepala sekolah dan orang tua, media pembelajaran digital yang kurang memadai, keterbatasan fasilitas dan sumber daya sekolah, dan alokasi waktu yang terbatas untuk mengajar. Temuan ini mengimprovisasikan guru sekolah dasar lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan keterampilan mengajar mereka. Selain itu, kepala sekolah juga diharapkan lebih memperhatikan peningkatan fasilitas sekolah, pengembangan diri guru, keterlibatan orang tua, dan pihak lain dalam melaksanakan program sekolah